Sukseskan Jamnas 2016, Kementerian PU Siap Bantu

Sukseskan Jamnas 2016, Kementerian PU Siap Bantu

IMG_1866
Rapat Kordinasi dengan kementrian PU Membahas tentang Jambore Nasional
Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum siap membantu mensukseskan pelaksanaan Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2016.
Hal itu disampaikan oleh Abdul Hakam mewakili utusan dari Kementerian PU dan lima orang rekannya dari Dirjen Cipta Karya saat melakukan pertemuan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Cibubur, Kamis kemarin (14/4/2016)
Awalnya, Sekretaris Jenderal Kwarnas, ‎Kak Rafli Effendi mengatakan, Kwarnas tengah merenovasi 64 MCK untuk digunakan dalam kegiatan Jamnas. Separuhnya sudah selesai. Namun kata dia, pihak Kwarnas masih membutuhkan sedikitnya 804 kloset, dan tambahan MCK darurat.
“Selama kegiatan jamnas berlangsung kami harus menyediakan cukup banyak air dan MCK ( Mandi Cuci Kakus ) yang memadai, karena kedua hal ini sangat vital” ujar Rafli.
Terkait hal itu, Kak Rafli menyampaikan, sekiranya Kementerian PU bisa ikut mensukseskan Jamnas dengan membantu penyediakan air bersih, tidak hanya untuk dialokasikan ke MCK, namun, juga air bersih siap minum untuk para peserta.
“Yang sangat kami butuhkan adalah penyediaan air layak minum, untuk itu kami mohon dapi pihak Cipta Karya dapat menyediakan mobil tangki yang bisa menghasilkan air siap minum ( Ready to drink),” tegas Rafli.
Dalam rapatnya Abdul Hakam yang mewakili Direktur Cipta Karya menjelaskan pihaknya akan membantu semaksimal mungkin baik bantuan peralatan ataupun petugas.
Dijelaskan pihaknya akan memberikan bantuan berupa: Tenda keluarga ukuran 3 X 4,5 meter sebanyak 200 buah, Toilet VVIP 4 unit, MCK darurat 200 unit (akan ditambah lagi jika kurang), 2 unit mobil sedot tinja siap dilokasi, 10 unit mobil tangki distribusi air, 3 unit mobil pengolah air bersih berkapasitas 2,5 liter/ detik.
Tidak hanya itu, pihak Kementerian PU juga siap menyediakan ‎3 unit mobil pengolah air Ready To Drink (air siap diminum) berkapasitas 90 liter/menit siap mensuplai ke tempat penampungan air minum di setiap tempat kegiatan dan tapak kemah.
“60 tandon air minum, 60 hidran umum (penampungan air bersih) juga akan dihibahkan ke Kwarnas selesai kegiatan Jamnas,” tuturnya.
‎Pihak PU juga membantu menyiapkan petugas jaga sebanyak 2 orang pada setiap kontingen daerah yang akan di ambil dari petuas PU daerah, sehingga diharapkan terjadi kerjasama yang baik antara Pramuka dan petugas dari Kementerian PU. (HA/Humas Kwarnas)