Pelaksanaan Jamnas Kemenag Bantu Renovasi Tempat Ibadah

Pelaksanaan Jamnas Kemenag Bantu Renovasi Tempat Ibadah

IMG-20160405-WA017
Setelah bertemu dengan Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Abdul Shobur memberikan cindra mata kepada Menteri Agama Lukman Hakim S.
Jakarta, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menerima rombongan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka untuk beraudiensi membahas persiapan Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus 2016.
Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Rafli Effendy mengatakan, Cibubur dipilih sebagai tempat Jamnas ke X karena sudah lebih dari 25 tahun, Jamnas tidak pernah dilaksanakan di Jakarta. Hal ini sesuai dengan permintaan Pramuka di daerah.
Sehubungan dengan itu, Kak Rafli meminta dukungan dan suports dari Kemenag untuk mensukseskan acara ini. Menurutnya, ada persoalan yang perlu diselesaikan dalam Jamnas ini yakni mengenai renovasi tempat ibadah.
“Kami tengah mendata beberapa kekurangan Jamnas. Salah satunya adalah mengenai renovasi tempat ibadah. Di Cibubur ini ada tiga tempat ibadah, yakni masjid,‎ gereja katolik dan pura,” katanya di Kemenag, Selasa (5/4/2016)
Tiga tempat ibadah ini sudah hampir empat tahun tidak direnovasi. Untuk itu ia berharap Kemenag bisa ikut serta membantu mempersiapkan kekurangan ini. Sebab, Jamnas X akan dihadiri oleh lebih dari 25 ribu peserta.
“Pasti mereka membutuhkan tempat ibadah yang layak, apalagi jumlah pesertanya begitu besar. Kita juga ingin memberikan yang terbaik kepada mereka,” ucapnya.
Selain renovasi tempat ibadah, pihak Kwarnas juga berharap Kemenag bisa menyediakan kitab suci dalam acara Jamnas ini untuk keperluan peserta.
IMG-20160405-WA010Menanggapi hal itu, Kak Lukman mengatakan, ‎pada prinsipnya Kemenag selalu memberikan dukungan dan suports untuk Pramuka. Namun, mengenai bantuan renovasi tempat ibadah. Kemenag belum bisa memutuskan berapa jumlah bantuan yang diberikan.
“Karena ini menyangkut persoalan anggaran, nanti pihak kami akan mengecek dulu di lapangan kondisi tempat ibadahnya seperti apa, agar jelas nanti yang dibutuhkan apa saja,” kata Kak Lukman.
Ada‎pun terkait bantuan kitab suci. Kak Lukman mempertanyakan, apakah kitab suci itu akan ditaruh di tempat ibadah, atau diberikan kepada semua peserta Jamnas. “Jadi saya minta kejelasannya, karena tidak mungkin kan peserta dikasih satu-satu,” tuturnya.
Waka Bidang Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka Kak Fahmi Assegaf menambahkan, bantuan kitab suci nantinya hanya akan ditaruh di tempat ibadah. Kak Fahmi mengatakan, kondisi tempat ibadah di Bumi Perkemahan Cibubur masih banyak peralatan yang kosong.
Selain, kedua persoalan itu, Kak Fahmi juga berharap Kak Lukman bisa ikut menghadiri acara pembukaan Jamnas yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Termasuk acara pertemuan para tokoh. “Insya Allah saya siap hadir. Semoga tidak ada halangan,” ucap Kak Lukman.
Selain Kak Fahmi dan Kak Rafli, pertemuan dengan Kwarnas juga dihadiri oleh Kak Editha Rahaded Bi (Waka Bidang Bina Anggota Muda), Kak Marbawai (Waka Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama), dan Kak Abdul Shobur (Waka Bidang Lingkungan Hidup). (HA Humas Kwarnas)