Ini yang Sudah Dibahas dalam Pertemuan Komite Pramuka se Asia Pasifik

Ini yang Sudah Dibahas dalam Pertemuan Komite Pramuka se Asia Pasifik

IMG-20160409-WA035Jakarta, ‎Kegiatan orientasi dan miting Komite dan Sub Komite Kepramukaan se-Asia Pasifik (Asia Pasific Regional Scout Committee and Sub Committees Orientation and Meetings) di adakan di Hotel Borobudur Jakarta, 8-12 April 2016.
Sebelum mengadakan pertemuan dengan anggota Sub Komite, 11 anggota komite dan 5 ketua sub komite Pramuka se Asia Pasifik lebih dulu mengadakan rapat internal, selama tiga hari 8-10 April 2016. Lalu apa saja yang sudah dibahas?
Kak Brata Tryana Hardjosubroto sebagai ketua Sub Komite Profil Kepramukaan‎ mengatakan, ‎selama tiga hari ini anggota komite dan ketua sub komite sudah membahas mengenai orientasi program kepramukaan se Asia Pasifik.
“Orientasi itu bermaksud menyamakan visi misi, pengetahuan semua anggota tentang, apa sih tugas-tugas mereka, seperti menjelaskan sejarah Asia Pasifik‎, tantanganya seperti apa? Kita ini kekuatannya, apa? Peluangnya apa? Kelemahannya apa? Bagaimana memajukan APRS. Itu di orientasi,” kata Kak Brata di Hotel Borobudur, Senin (11/4/2016)
Sedangkan di mitingnya, kata Kak Brata, membahas mengenai masalah bisnis. Misalnya, kata dia, mengenai siapa negara yang akan menjadi tuan rumah, dalam pertemuan ketua-ketua Pramuka di negara-negara Asia Pasifik atau Asia Pasific Regional Scout (APRS) Leaders Summit, yang ke 10.
“Termasuk di rapat kemarin itu diputuskan, siapa itu tuan rumah summit 2017. Kita menang, di Bali. Dari 10 anggota yang memilih kita dapat tujug suara. Korea dua, Banglades,satu Pakistan nol,” ungkapnya.
Selain itu, Kak Brata mengungkapkan, rapat selama tiga hari ini juga membahas mengenai pembentukan, members, kemudian seragam, dan penguatan media sosial. Setelah ini, komite baru mengadakan pertemuan dengan anggota sub komite.
Sub Komite terbagi menjadi lima bagian, yakni Sub Komite Program (Program Sub Committee),‎ Sub Komite Dukungan Anggota Dewasa, (Adult Support Sub Committee), Sub Komite Manajemen, (Management Sub Committee),‎ Sub Komite Profil Kepramukaan, (Scouting Profile Sub Committee), Sub Komite Sumber Daya Keuangan, (Financial Reseouces Sub Committee)‎.
Tugas Sub Komite adalah membantu Komite dalam menjabarkan program-program kerja Kepramukaan se Asia Pasifik. Masing-masing Sub Komite terdiri dari 15 anggota. Mereka saat ini sudah datang di Hotel Borobudur, untuk rapat bersama anggota Komite. (HA/Humas Kwarnas)