Datang ke Kwarnas, SD Karakter Belajar Banyak Soal Pramuka

Datang ke Kwarnas, SD Karakter Belajar Banyak Soal Pramuka

IMG_20160414_103445
Suasana Siswa SD Karakter Cimanggis Depok, saat berkunjung ke Gedung Kwarnas Gerakan Pramuka


Jakarta, Sekolah Dasar (SD) Karakter Cimanggis Depok Jawa Barat mengadakan kunjungan ke Kantor Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, di Jalan Medan Merdeka Timur, Kamis (14/4/2016)
Kak Dina, selaku Guru SD Karakter mengatakan, Kunjungan ini dalam rangka, memperkenalkan para anak didik tentang organisasi Gerakan Pramuka. ‎Sebab, di sekolahnya memuat pelajaran bertema keorganisasian.
“Jadi salah satu materi di sekolah kita itu ada tema organisasi, peserta didik sudah dikenalkan dengan ruang lingkup organisasi, puncak materinya adalah kita melakukan kunjungan ke Kwarnas,” katanya di lokasi.
Anak-anak yang datang ke Kwarnas adalah siswa kelas V. Kak Dina menuturkan, tidak semua peserta didiknya yang hadir adalah anggota Pramuka. Menurutnya, Pramuka disana belum menjadi organisasi yang wajib diikuti oleh siswa.
“Nggak semua, karena kita mempersilahkan anak-anak untuk bebas memilih. Tapi sebagian besar mereka Pramuka,” ungkapnya.
Kunjungan SD Karakter Cimanggis diterima langsung oleh Kak Iman Suhasto, Kepala Biro Organisasi dan Hukum dan Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka‎. Dalam forum itu, suasananya sangat cair, anak-anak bisa bertanya bebas soal kepramukaan.
Misalnya, mereka ada yang bertanya, didiraknya Gedung Kwarnas, sejarah Gerakan Pramuka, tokoh-tokoh Pramuka Indonesia, hari Pramuka, kegiatan-kegitan besar Pramuka, dan juga seragam Pramuka, serta kata-kata sandi Pramuka.
Kegiatan ini kemudian ditutup dengan melakukan testimoni tentang pelaksanaan Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur, 14-21 Agustus 2016. Mereka dengan serentak mengatakan “Jamnas 2016 Keren, Gembira, Asyik‎, Salam Pramuka, ye..ye..ye…,” ucap mereka dengan senyum gembira. (HA/Humas Kwarnas)