SIDPARNAS "Perkuat Sinergi Membangun Negeri"

SIDPARNAS "Perkuat Sinergi Membangun Negeri"

21/2/2016
0 Comments
 
SIDPARNAS (Sidang Paripurna Nasional) tahun 2016 secara resmi dibuka oleh Kak Editha Rahaded (Waka Kwarnas Bid. Binamuda) yang berlangsung di Aula Ki Hajar Dewantoro, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Senin Pagi (22/02/16).

Kurniawan selaku Ketua Sangga Kerja SIDPARNAS 2016 mengatakan
"SIDPARNAS tahun ini adalah moment dimana kita akan menentukan arah kegiatan kita yang bermanfaat selama satu tahun kedepan dan moment dimana kita mengevaluasi kegiatan selama setahun yang lalu'.

Tema SIDPARNAS kali ini adalah "Perkuat Sinergi Membangun Negeri" dengan harapan agar koordinasi dan sinergi Dewan Kerja seluruh Indonesia semakin kuat, karena banyak kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang akan dilaksanakan ditahun 2016.

"Harapannya adalah menyamakan persepsi dalam merencanakan program agar memiliki arah yang jelas serta tindakan yang kongkret dalam pengembangan Sumber Daya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Indonesia sehingga dapat memberikan Kontribusi positif bagi pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia," pungkasnya

Pembukaan SIDPARNAS dihadiri oleh Kak Susi Yuliati, Waka Bidang Bina Anggota Dewasa,  pimpinan Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Wirakartika, Saka Kencana, Pengurus DKN dan Andalan Nasional

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan 22-23 Februari 2016 diikuti sebanyak 62 peserta yang terdiri dari 32 Kwartir Daerah.


sumber : yudhi scoutradio

0 Comments
 
JAKARTA - Pembinaan organisasi Praja Muda Karana (Pramuka) akan dikembalikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sebelumnya, koordinasi pembinaan berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan hal itu dalam jumpa pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di komplek Kantor Kepresidenan, Jakarta, hari ini untuk melaporkan pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka ke-X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 14-23 Agustus 2016.

"Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah menyetujui perubahan pembinaan kepramukaan tersebut," kata Adhyaksa, Jumat (5/2/2016).

Menurut dia, anggota pramuka rata-rata berumur 17 tahun ke bawah yang semuanya masih usia sekolah. Dengan begitu, akan lebih tepat dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan perubahan koordinasi pembinaan pramuka tersebut dilakukan setelah ada revisi undang-undang tentang pramuka.

"Di undang-undang kan disebutkan bahwa koordinasi pembinaan pramuka ditangani kementerian yang membidangi pemuda sehingga undang-undangnya perlu direvisi menjadi kementerian yang membidangi pendidikan," katanya.

Nahrawi menambahkan, cepat atau lambatnya perubahan pembinaan pramuka itu tergantung sepenuhnya kepada pengurus Kwartir Nasional Pramuka. Dia berharap, pembinaan kepramukaan akan lebih baik jika ditangani Kemdikbud sebab akan memiliki anggaran lebih besar jika dibanding dengan Kemenpora.

"Kementerian yang saya pimpin memiliki anggaran kepemudaan kecil, sedangkan kebutuhan pramuka sangat besar; sehingga akan lebih tepat pembinaan pramuka dilakukan Kemdikbud," ujar Nahrawi. (rfa)