Begini Arahan Kwarnas untuk Perkemahan Wirakarya XIII

Begini Arahan Kwarnas untuk Perkemahan Wirakarya XIII

IMG-20160324-WA011
Penyerahan kenang-kenaangan dari Kwarnas oleh Kak Edhita Rahaded kepada Rektor IAIN Kendari Nur Alim
‎Jakarta, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyambut baik rencana Kementerian Agama untuk mengadakan kegiatan Perkemahan Wirakarya XIII khusus untuk Perguruan Tinggi Keagaman (PW PTK) yang kali ini akan diadakan di IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara, 16-22 Mei 2016.
Wakil Ketua (Waka) Kwartir Nasional Bidang Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka, Fahmi Assegaf ‎menyarankan kepada Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Kak Nur Alim untuk berkoordinasi dengan Satuan Karya Bahari Pramuka agar acara tersebut berjalan masif.
“Ini sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan beberapa tahun lalu di IAIN Bengkulu. Panitia juga bisa koordinasi dengan Kwarda Sulteng dan Kwarnas,” kata Kak Fahmi saat rapat dengan Rektor IAIN Kendari dan Ditjen Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Kak Amsal Bachtiar di Kwarnas, Kamis (24/3/2016)
Waka Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama, Kak Marbawi mengapresiasi kegiatan Perkemahan Wirakarya yang diadakan oleh Kementerian Agama Direktorat Pendidikan Tinggi Islam. Menurutnya kegiatan seperti ini jarang dilakukan ditingkat perguruan tinggi.
“Jarang sekali agenda-agenda Kepramukaan masuk ke ranah perguruan tinggi. Biasanya kan agenda Kepramukaan biasanya banyak diranah SD, SMP dan SMA,” ucapnya.
Kak Marbawi menuturkan, kegiatan ini sesuai dengan hasil Rakernas Gerakan Pramuka. Dimana Kwarnas perlu ‎menyoroti perkembangan Pramuka di perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi keagamaan.
‎”Saat acara kemah santri di Banjarmasin pun sempat dibahas mengenai perkembangan pramuka di perguruan tinggi,” katanya.
Sementara itu, Kak Edhita Rahaded, Waka Bidang Bina Anggota Muda menilai, kegiatan ini sangat baik dalam rangka menyatukan para pelajar tingkat perguruan tinggi se-Indonesia (dari Sabang sampai Merauke)‎. Dalam proses persiapan, Kak Ita juga menyarakan pihak IAIN Kendari Koordinasi dengan Kwarnas dan Kwarda.
Adapun Kak Roby dari Dewan Kerja Nasional (DKN) berharap ‎Penegak dan Pandega dilibatkan mulai dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan. Sebab, berkaca dari kegiatan PW PTK sebelumnya, hampir sebagian besar panitia inti acara diisi oleh orang-orang dewasa
‎”Kedepan diharapkan Penegak Pandega Dewan Kerja Daerah (DKD) dijadikan pimpinan kontingen, selain dari para Wakil Rektor. Selama ini Pimpinan Kontingen selalu dipimpin oleh Wakil Rektor III ditiap-tiap kampus,” tuturnya. (HA/Humas Kwarnas)