Kwarda Jateng Serukan Anggota Pramuka Harus Melek IT

Kwarda Jateng Serukan Anggota Pramuka Harus Melek IT

PRAMUKA-ITSemarang – ‎Pesatnya perkembangan teknologi informasi menunut Kwartir Daerah (Kwarda) 11 Gerakan Pramuka Jateng untuk mengadakan pelatihan pendidikan IT bagi anggota Pramuka penggalang, penegak, dan pandega.
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jateng Kak Budi Prayitno mengatakan,‎ dengan adanya pendidikan teknologi informasi ini, anggota Pramuka diharapkan punya kemampuan memanfaatkan teknologi untuk mendukung ide-ide organisasi.
Upaya itu diwujudkan dalam kerja sama pemanfaatan jaringan dan fasilitas internet antara Pramuka Kwarda Jateng dengan Udinus Semarang dan PT Telkom, melalui penandatanganan MOU di kantor Kwarda Jateng, Jl Pahlawan, Semarang, Sabtu (12/3).
“Bentuk tindak lanjut yang kami lakukan ialah (Kwarda- ) akan menyelenggarakan kursus teknologi informasi sehingga bisa dimasukkan kegiatan penggalang, penegak, dan pandega,” kata Budi, Minggu (13/3/2016).
Kak Budi menuturkan, sudah saatnya angggota Pramuka melek dengan teknologi dan perkembangan zaman. Dengan internet kata dia, anggota Pramuka dimudahkan untuk mengakses informasi dari luar, khususnya untuk mengatahui kegiatan Pramuka di daerah-daerah lain.
Setelah berlatih, Kwarda juga berencana menggelar lomba guna mengetahui sejauh mana mereka bisa menyerap dan mengaplikasikan kemampuan internet yang diperolehnya.
Kak Budi mengungkapkan salah satu manfaat yang bisa diambil dari pelatihan itu adalah, anggota Pramuka nantinya bisa membuat laman atau website maupun membangun media sosial sendiri. Aplikasi itu bisa digunakan untuk mengungah kegiatan Pramuka, dalam bentuk berita maupun opini.
“Banyak kegiatan Pramuka seperti halnya Baden Powell Day lalu, kami menggelar bersih-bersih sampah plastik, donor darah, dan lomba instagram. Ini juga bisa diinformasikan lewat jejaring tersebut,” jelasnya.‎ (HA/Humas Kwarnas)