Hari Pertama PIN Adhyaksa Apresiasi Pengabdian Pramuka

Hari Pertama PIN Adhyaksa Apresiasi Pengabdian Pramuka

IMG-20160308-WA012Jakarta – Hari pertama dilaksanakannya Pekan Imunisasi Nasional, semua daerah di Indonesia membuka pelayanan imunisasi campak dan polio untuk bayi berusi 0-59 bulan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan sampai tanggal 15 Maret 2016.
Dalam rangka mensukseskan acara tersebut, Gerakan Pramuka yang memiliki anggota lebih dari 21 juta orang‎ diwajibkan mengajak dan mengantarkan ibu dan bayinya ke Posyandu, Pos PIN atau tempat-tempat yang sudah disediakan pihak kesehatan setempat.
Dari informasi yang dihimpun, Gerakan Pramuka di berbagai daerah sudah mulai sibuk membantu masyarakat khususnya ibu-ibu untuk melakukan vaksinasi polio terhadap anak-anaknya. Diantaranya gerakan Pramuka yang ada di Depok, Lampung, Jakarta dan Majalengka.
Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault merasa bangga dengan kinerja anggota Pramuka di berbagai daerah. Semangat dan loyalitas mereka dalam melayani dan membantu masyarakat‎ merupakan wujud dari prinsip dasar Gerakan Pramuka, yakni peduli terhadap bangsa, tanah air, sesama hidup dan alam seisinya.
“Ini kerja masa depan, PIN ini bagian dari usaha pemerintah mempersiapkan anak-anak Indonesia yang sehat, Pramuka wajib mendukung, saya bahagia sekali melihat anak-anak Pramuka mengantar ibu-ibu ke Posyandu, terus mengabdi, Pramuka itu rela menolong dan tabah, Pramuka itu gembira dan peduli,” kata Kak Adhyaksa kepada Humas Pramuka, Selasa (8/3/2016)
Sementara itu, Andalan Nasional Pramuka Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama‎ Kak Arie Rukmantara mengatakan, Gerakan Pramuka melalui Tim Sibernya diminta untuk memasifkan acara tersebut, dengan memberikan sosialisasi melalui media sosial yang dikelola oleh TSP.
‎”Serta menggunakan platform digital yang dimiliki bersama UNICEF, U Report‎,” kata Kak Arie.
‎Ia menuturkan, setiap anggota Pramuka dapat melaporkan jam pengabdiannya (service hours) melalui U Report dan melaporkan keberhasilannya ‘menggaet’ para orang tua untuk mengantarkan balitanya ke pos-pos PIN, di media sosial.
Nantinya, regu Pramuka yang melaporkan jam pengabdian terbanyak dan menggaet orang tua terbanyak akan diberikan piagam oleh Kwartir Nasional dan UNICEF.‎ Piagam ini adalah bentuk penghargaan atas kinerja mereka. ‎(SA/Humas Kawarnas)