pramuka mengenal KRI DEWA RUCI

Pramuka mengenal KRI DEWA RUCI" pembahasan ini cukup untuk menambah anak pengetahuan anak pramuka dalam bidang sejarah , KRI DEWA RUCI adalah kapal milik INDONESIA , kapal tempur pada jaman era 70 an ,.

Namun sekarang KRI DEWA RUCI sudah di musiumkan , terakhir tugas nya adalah misi perdamaian dan juga sebagai kapal latih para taruna akademi angkatan laut  , sedikit kita lihat profil KRI DEWA RUCI
 

Karier (ID)
Produksi H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman
Mulai dibuat 1952
Diluncurkan 24 Januari 1953
Ditugaskan 1953
Status Purna tugas
Pelabuhan utama Armada Timur TNI-AL
Karakteristik umum
Berat benaman 847 ton
Panjang 58.3 metre (191.27 ft)
Lebar 9.50 metre (31.17 ft)
Draft 4.05 metre (13.29 ft)
Tenaga penggerak 1 unit Diesel 986 HP, dengan satu propeler berdaun 4
Kecepatan 10,5 knot dengan mesin
9 knot dengan layar
Awak kapal 75 orang
KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci. 
 Penugasan Penugasan Sunting KRI Dewaruci Setiap tahunnya, kadet AAL berlayar dengan Dewaruci ke berbagai belahan dunia dengan tujuan utama adalah latihan pelayaran bintang atau disebut Kartika Jala Krida. KRI Dewaruci juga sering mengikuti lomba kapal layar di berbagai tempat di dunia. Kapal ini juga memiliki marching band sendiri, yaitu marching band taruna Akademi Angkatan Laut yang biasa dikenal dengan nama Gita Jala Taruna.

 

Anak pramuka khusus nya saka bahari harus tau tentang ini , kapal KRI dewa ruci kebanggaan Indonesia , walaupun usia nya sudah tua ,kapal ini masih kuat berlayar melintasi samudra dalam misi Kartika Jala Krida 

Nah itu lah sedikit pembahasan tentang KRI DEWA RUCI , semoga tambah pengetahuan nya anak-anak pramuka